Kamis, 15 Juli 2010

Gara-gara Ulah Oknum Tidak Terpuji Moonraker Kerap Dikambinghitamkan.


Moonraker
Sertifikat IMI Moonraker dengan Nomor Keanggotaan 10 Tahun 1994

NAMA Moonraker identik dengan sebuah kumpulan pengguna sepeda motor yang bercitra negatif. Kumpulan pengguna sepeda motor yang didirikan di Bandung, 28 Oktober 1978 itu kerap disebut-sebut sebagai salah satu geng motor di Bandung yang sering berbuat anarkis, bahkan menjurus kepada tindak kriminal. Apa betul nama Moonraker sedemikian jelek di mata masyarakat?

Citra negatif tersebut dibantah keras pengurus Moonraker Jabar Sport Club yang diwakili salah satu dewan pembinanya, Dendi Elfandi dan Ketua Moonraker, Diki "Embe".

"Dari dulu, kami tidak merasa sebagai sebuah geng motor, melainkan hanya sebuah klub sepeda motor yang didirikan pendahulu kami yang saat itu menyukai sebuah aliran musik dan sering kumpul di sekitar Taman Pramuka," kata Dendi saat berkumpul di sekitar Jln. Diponegoro Bandung, belum lama ini.

Saat itu, lanjut Dendi, klub tersebut lebih menitikberatkan pada kegiatan balap sebagai penyalur hobi mereka. "Kami sangat menyayangkan adanya kesan buruk kepada Moonraker. Dari dulu kami tidak pernah menganggap diri sebagai sebuah geng motor," jelasnya.

Kendati demikian, kata Dedi, pihaknya tidak menampik ada oknum anggotanya yang melakukan hal-hal yang tidak terpuji. "Hampir sekitar 60% anggota kami adalah setingkat pelajar SMA. Mungkin karena ulah oknum, akhirnya nama klub dikambinghitamkan," ungkapnya.

Dilanjutkannya, ulah-ulah yang mungkin dilakukan oknum tersebut dan merugikan masyarakat, di luar jangkauan organisasi. "Pada prinsipnya, kami punya aturan sendiri. Bila ada anggota yang melakukan hal yang dianggap melanggar, akan dikeluarkan. Kami berprinsip nakal, tapi tidak bertindak kriminal," papar Dendi.

Dilanjutkan Dendi, akibat cap negatif yang telanjur melekat, dewan pembina berpikir keras untuk mengubahnya di mata masyarakat.

"Sejak dua tahun lalu, kami mencoba memperbaiki imej tersebut meskipun sangat berat dan tidaklah mudah," ungkapnya.

Salah satu cara yang dilakukan adalah mengubah tujuan klub sebagai sebuah klub hobi dengan kembali memfokuskan pada bidang balapan. "Sudah banyak anggota kami yang kemudian direkrut untuk jadi pembalap. Kami pun mendaftarkan diri sebagai anggota IMI (Ikatan Motor Indonesia) sebagai salah satu cara untuk memperbaiki citra," kata Dendi.

Ditambahkan Ketua Moonraker, Diki "Embe", penghargaan yang telah diberikan IMI kepada Moonraker sebagai klub hobi terbaik, belum lama ini, merupakan sebuah motivasi tersendiri untuk terus berbenah.

"Sekarang kami tidak lagi harus susulumputan untuk kumpul-kumpul bersama semua anggota. Bila melakukan touring, dengan surat yang telah diberikan ke mana pun bisa, asal mau," tambah Diki seraya mengatakan, mereka kini kerap berkumpul di kawasan Lapangan Gasibu setiap Kamis malam serta Sabtu malam.

Upaya lainnya adalah dengan membersihkan berbagai coretan dinding bertuliskan Moonraker di beberapa wilayah di Bandung, dan akan melakukan gerakan penghijauan. "Selain itu acara bakti sosial sudah kita lakukan terhadap warga dan mudah-mudahan bisa segera menghapus citra buruk tersebut," kata Diki yang diamini wakil ketua, Akew.

Pada akhirnya, bagi Moonraker, apa yang akan dilakukan adalah untuk menjalin kekeluargaan dan apa yang dilakukan biarlah pihak lain yang menilainya.

Saat ini anggota Moonraker se-Jabar telah tercatat sekitar 8.000 orang yang 700 di antaranya di Bandung. Bahkan saat ini sedang dirintis didirikannya Moonraker di luar Jabar.

Ikuti Lewat Email

Hai bro, dapatkan artikel terbaru dengan berlangganan melalui email

BACA JUGA

15 Komentar "Gara-gara Ulah Oknum Tidak Terpuji Moonraker Kerap Dikambinghitamkan."

Admin 16 Agustus 2010 20.18 WIB Permalink

hallo,
siapapun anda, saya hanya berharap, tolong selidiki kematian adik saya, bernama Dimas Andhika (warga gg. tahu - subang)yang katanya tewas dikeroyok anggota brigez saat sedang kumpul di cisalak, Subang. Adik saya tersebut sedang kumpul bersama anggota M2R lainnya di saat tiba-tiba saja brigez menyerang. Karena adik saya tidak merasa bersalah apa-apa, menurut danny M2R subang, dia (adik saya) tidak lari. Dan tiba-tiba anggota brigez (yang katanya bernama muhammad cahyana) memukulnya dengan stick kasti (bisbol). lalu kawan2nya yang lain menabraknya dengan menggunakan motor dan saat adik saya jatuh, dilindas oleh motor2 mereka. Perlu diketahui, adik saya baru 3 bulan pindah dari jakarta jadi saya tidak tahu apakah sudah jadi anggota M2R subang atau belum. Selama di jakarta adik saya tidak pernah macam2 dan baik2 saja. Mohon dengan sangat, selidiki siapa dalang dibalik kematian adik saya, karena ada selentingan juga bahwa peristiwa tersebut disengaja oleh oknum pihak M2R subang sendiri. oh iya ada satu lagi, oknum brigez yang ikut memukul adik saya, menurut kabar, selain si M. Cahyana juga ada si danny lobang (lobang atau lombang? ). Peristiwa itu sendiri terjadi pada tanggal 27 Januari 2007. Jika sudah diketahui dengan pasti siapa2 saja yang bersalah, mohon sampaikan kepada yg berwajib. Sebenarnya kasus tersebut sudah diputus oleh pengadilan negeri subang, cuma saja saya tidak puas karena masih banyak yg tidak tertangkap dan terungkap, juga hukuman yang dijatuhkan tidak sesuai dengan nyawa adik saya yang sudah melayang. Jika ada pertanyaan, mohon sampaikan ke alamat email, [email protected],
Saya tunggu aksi bebersih imej dari Moonraker. Selidiki tanpa pandang bulu, jika memang ada anggota dari M2R sendiri, segera tindak tegas!
Terima Kasih.
Djefi, kakak kandung dari Dimas Andhika. tinggal di Jl. Pisangan Lama III, RT.007 RW.007 No.48, Jakarta Timur.

MOONRAKER 17 Agustus 2010 21.26 WIB Permalink

Memang masalah lingkungan menjadi faktor nomor satu dari perilaku remaja saat ini.
Kejadian yang kerap dialami oleh kami dalam beberapa waktu silam memang pelajaran bagi kami untuk melakukan pembenahan dalam komunitas kami. Dan kami pun berharap kejadian yang menimpa adik anda tidak dialami oleh para anggota kami yang lainnya serta para remaja yang lainnya khususnya.
Saya luruskan bahwa kejadian yang menimpa adik anda tidak ada peristiwa yang disengaja. Para anggota kami memang murni diserang pada saat itu. Saya mendengar peristiwa itu besoknya dari anggota kami yang di Subang dan perwakilan kami langsung menuju ke Subang untuk ikut berkabung serta meminta keterangan lebih lanjut dari para anggota.
Kami sekarang sudah merubah imej kami yang terkesan geng dengan banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif bahkan kami dengan Brigez sendiri pun sudah berdamai.
kami dalam setiap event selalu mendoakan para anggota kami yang sudah tiada.

wulanty coomintary 24 Agustus 2010 20.34 WIB Permalink

temen" semuanya do'ain iya m2r cianjur yg kemarin di serang pas lagi kumpul ama genk yang ada di cianjur sampe" tangan'a di bacok (buntung)>>yg sekarang masih di rawar di rshs,,smoga bisa cpet ngumpul lagi bareng keluarga dan teman"a,
amin

Anonim 4 September 2010 01.05 WIB Permalink

Semoga Moonraker Indonesia bisa menjadi contoh dan panutan semua club-club motor yang berada di indonesia terutama di jawa barat...

SxE 2 Oktober 2010 19.30 WIB Permalink

ecek-eceknya tolong dibina om, menurut saya yg sering rusuh itu ecek2nya

MOONRAKER 6 Oktober 2010 13.11 WIB Permalink

Amin, kami akan terus berusaha dalam membina anggota kami.

Anonim 23 Februari 2011 09.09 WIB Permalink

gimana kalo mau ikut monnraker ?

Anonim 23 Februari 2011 09.09 WIB Permalink

all gimana kalo mw ikut anggota moonraker??

Moonraker Tasikmalaya 8 November 2011 17.24 WIB Permalink

MOONRAKER TASIKMALAYA .
MENJADIKAN TASIKMALAYA MERAHPUTIHBIRU .
WANIEUN .



UPPI D' UPPI

Anonim 16 Maret 2012 12.16 WIB Permalink

saya hanya ingin bertanya
karena saya sangat risih terhadap geng" motor yang kalian sebutkan karena saya juga seorang bikers touring

tidak adakah cara bagi kalian untuk saling berdamai ??
karena semenjak 4 tahun kemarin, kabar" geng motor itu sudah booming, jangankan perang antar geng
setiap bikers yang sedang touring, kalau berpapasan, pasti langsung di kejar" juga !!
allhamdulillah sih kalo selamat, kalo nggak ??

saya tau yang rusuh itu yang embel" nya, anak" baru masuk kemarin, mulai dari moonraker, dan geng" lainnya juga hampir semua sama, yang rusuh itu yang kecil" nya
tolong di organisir lagi

trims !

Henri Dicky 7 Desember 2012 17.45 WIB Permalink

MOONRAKER CIREBON ..
Terus memberantas Genk Motor dulur karena MOONRAKER snti Genk MOTOR ..

Wanieun Cirebon

opet dmoonz 19 Mei 2013 23.35 WIB Permalink

kapan pengurus pusat
main keMooNRAKER JAMBI??

Anonim 15 November 2013 07.44 WIB Permalink

gan kalau di tasikmalaya semua geng motor, yaitu xtc, B2r, m2r, briges, arkilis, gbr, acdc semua bejad banget gan, pokonya krimila banget gan dan ngeresahin warga banget, jadi saya mohon kepada monraker pusat, supaya monraker tasikmalaya di beri arahan atau bingbingan yang positif, terima kasih

zoedarajat 30 Agustus 2014 23.23 WIB Permalink

Salam..walaupun saya bukan anggota M2R taping data salute kepada anggota M2R the Ada di Bandung Barat khususnya Padajajaran.Mereka selalu mengikuti kegiatan pengajian Dan ritual keangamaan lainnya khususnya malem Kumar..Mereka tergabung dlm Majelis Sholawat GRIP(Gabungan Remaja Islam Padjajaran) Dan mudahan ini menjadi inspirasi Dan suatu Jalan kebaikan Aamiin..

Anonim 21 April 2015 20.53 WIB Permalink

gimana kalo mau ikut moonraker

Silahkan berikan komentar/pertanyaan anda. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan.Terimakasih.