Saturday, 22 September 2012

Moonraker Legenda Klub Motor, Bukan Geng Motor

Moonraker
Konvoy damai Komunitas Moonraker Indonesia

Moonraker ! Nama legenda klub motor. Salah satu klub motor tertua di Bandung, Jawa Barat. Ngetop dengan nama Moonraker Indonesia Sport Club (MISC) atau M2R. Komunitasnya penjeplak berbagai merek Jepang. Sudah ada sejak tahun 1978.

M2R lahir bukan tujuannya bikin keonaran. Tetapi, dulu-dulu memang pengikutnya remaja semua. "Berjiwa panas". Tidak dipungkiri juga ada yang berandalan. Termasuk di dalamnya ada yang membonceng M2R untuk berpolitik. "Karena saking besarnya M2R sekarang, saya lihat sudah tertib," sebut Iswandani, mantan anggota M2R 10 tahun lalu. Pak Dani, begitu dia biasa disapa. Saat ini ia mengajak anak-anak M2R berprestasi di dunia balap motor.

Menurut Pak Dani, "Kalau geng berantemnya sesama geng. Jarang tuh sampai masuk-masuk ke toko seperti yang terjadi di Jakarta. Tapi itu dulu. Kalau sekarang, saya dengan ketua M2R mampu membawa M2R ke hal ataupun kegiatan positif. Kami bisa mengontrol para anggota dengan baik," tambah Pak Dani.

Anggota M2R sudah bercabang chapter hampir seluruh Indonesia. Paling sedikit 11.000-an anggota yang aktif.
“Potret M2R dulu memang dicap sebagai geng motor, tetapi berkat komitmen para anggota sejak lima tahun lalu, kami berusaha harus bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif dan Itu wajib,” buka Irvan Octavianus, ketua umum

Irvan OC adalah mantan pembalap motor nasional dari Bandung. Mantan pembalap inti Yamaha Racing Indonesia, saat Yamaha belum membangun tim seperti sekarang. Dia seangkatan Petrus Tobun Canisius dan ia juga salah satu dari lima pembalap generasi pertama yang pernah belajar balap motor di Spanyol.

Moonraker membuktikan mereka bukan geng brandal. Salah satu bukti mereka dapat dilihat yaitu sering melakukan bakti sosial, penanggulangan bencana, ataupun kegiatan positif lainnya. Paling jelas anggota Moonraker memiliki prestasi membanggakan di ajang balap motor diantaranya road race, grasstrack, drag bike, hingga motocross. Moonraker juga sudah terdaftar di IMI Jabar sebagai klub motor hobi.
"Kalau geng, tak pernah ada identitasnya di sana. Malu dong, ketua kami kan pengurus IMI Jabar,”tambah Martin Hidayat selaku Sekretaris Jendral Moonraker Periode 2010-2012.

Selain jadi atlet balap motor, hampir sebagian anggota Moonraker direkrut menjadi racing committee (RC) atau sekaligus jadi promotor event balap. “Moonraker berupaya mengubah citra. Bahwa komunitas ini, memiliki visi dan misi positif,” tutup Irvan. Alamat Sekretariat Moonraker Jalan Sukaresmi, Kp. Bengkok No. 16 Dago Atas, Bandung, Jawa Barat

Sumber: Maniak Motor

Ikuti Lewat Email

Dapatkan artikel terbaru dengan berlangganan melalui email.

Artikel Terkait Lainnya

1 Komentar " Moonraker Legenda Klub Motor, Bukan Geng Motor"

Satria Ibrahim 8 July 2014 at 21:16 WIB Permalink

Di jambi gak ada ya? Aku baru denger.

Silahkan berikan komentar/pertanyaan anda. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan.Terimakasih.