Saturday, 14 June 2014

Moonraker, Klub Motor atau Geng Motor ?

Konvoy Moonraker Indonesia

Sepertinya wajib disepakati dulu istilah geng ataupun klub. Pasalnya, istilah geng banyak membuat geram kumpulan-kumpulan motor yang jelas mempunyai visi misi yang positif. Ambil contoh, klub besar yang sering dijuluki geng motor karena sebagian oknumnya berbuat kriminal ataupun langganan bikin onar, Moonraker.

Rakyat biker tentu mengenal Moonraker. Di masa lalu, klub ini dipercaya berhaluan keras. Sering ribut di jalanan dan oknumnya sering melakukan kegiatan kriminal. Terlihat begitu jelas banyak oknum atau sekelompok biker yang mengatasnamakan klub ini. Akibatnya mereka kerap dicap sebagai gangster.

”Pada dasarnya kami klub berbasis hobi dan sudah eksis sejak tahun 1978. Seringkali dianggap klub yang terlibat tindak kekerasan. Soal solidaritas, persaudaraan memang kami kuat. Untuk itu jarang ada yang berani mengusik. Ada sisi buruknya juga yang kerap dilakukan oleh oknum dan banyak juga anggota Moonraker yang berprestasi. Di sisi buruk inilah yang mencap kami sebagai gangster,” jelas Irvan Octavian.

Agar tidak keliru, ada ciri khas yang melekat di dalam sebuah klub. Begitu pula ciri sebagai geng motor. Sebab kadang ada juga kumpulan bermotor yang lebih dekat dengan klub. Pakai atribut jelas rapi saat konvoi tapi kerap tawuran juga di jalan.

Di sisi lain, banyak juga kejadian kriminal disinyalir dilakukan oleh klub atau komunitas motor. Semisal, melakukan pengeroyokan, penusukan bahkan sampai ke aksi pembunuhan.

Sangat wajar muncul anggapan tidak benar mengenai pengendara motor yang tergabung dalam sebuah klub. Secara fisik tidak ada beda antara klub motor yang benar dan geng motor. Mereka sama-sama ngumpul bareng dan berkendara motor.

Ikuti Lewat Email

Dapatkan artikel terbaru dengan berlangganan melalui email.

Artikel Terkait Lainnya

0 Komentar "Moonraker, Klub Motor atau Geng Motor ?"

Silahkan berikan komentar/pertanyaan anda. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan.Terimakasih.