Tuesday, 19 May 2015

Ini Sejarah Kenapa Anggota Moonraker Dijuluki Speed Maniac

moonrakerclub.com
Logo Moonraker
Klub motor tertua di Bandung, itulah predikat yang disandingkan dengan nama Moonraker. Klub motor ini dibentuk pada tahun 1978 dan banyak dianggap sebagai inspirasi bagi beberapa maniak motor lainnya di Bandung untuk membentuk wadah-wadah perkumpulan baru. Sepenggal perjalanan dari Moonraker coba dijabarkan oleh salah satu anggota yang tergabung sejak tahun 1982, bernama Wildan.

“Saya sendiri agak kurang terlalu paham bagaimana awalnya Moonraker terbentuk. Cuma kalau penggunaan nama Moonraker, memang terinspirasi dari film James Bond. Saya sendiri memilih bergabung dengan alasan mendapatkan kenyamanan saat berada di antara anggota Moonraker. Selain itu, kami memang sama-sama memiliki ketertarikan yang kuat dalam balap motor,” jelasnya sambil tersenyum. Ia juga merasa bahwa sejak dulu Moonraker memang berbeda dengan klub motor lainnya, karena mereka lebih fokus dan total terhadap dunia otomotif. Itu mengapa anggota Moonraker dijuluki speed maniac.

Wildan berkisah bahwa pada masa dia aktif, tak ada istilah tindakan kriminal atau pun berbagai kegiatan yang meresahkan. Boleh dibilang yang terjadi hanyalah kenakalan remaja semata. “Namanya juga cowok, kalau nggak kebut-kebutan ya berkelahi. Awal kami terlibat bentrok besar-besaran adalah saat ikut balapan resmi. Di sana kami merasa dicurangi oleh panita, dan beberapa suporter tim kami tidak menerimanya,” lanjut pria berkacamata ini.

Ia melihat, beberapa bentrokan lebih banyak disebabkan oleh masalah personal dan ego yang ada dalam setiap klub motor tak terbendung. Ingin mencari jati diri dan eksistensi melalui klubnya masing-masing membuat bentrok tak terelakkan. “Maklum saja, banyak anggota klub motor merupakan remaja yang sedang mencari jati diri. Sedikit saja tersentuh lawan, mereka tak ragu untuk mengibarkan bendera perang. Apalagi kekeluargaan di kami cukup kental. Satu saja berselisih, pasti yang lain akan ikut serta,” jelas salah satu anggota senior Moonraker ini.
Bagaimana kondisi Moonraker saat ini? Sekjen Moonraker, Dion, memaparkan bahwa berdasarkan kesepakatan bersama dalam Munas Moonraker, klub motor ini akan fokus di dunia otomotif. Bahkan dua tahun belakangan, Moonraker acap kali membuat acara otomotif seperti road race. “Melalui program ‘Bandung Kondusif’ di tahun 2010, kami sepakat untuk meniadakan tindakan kekerasan di jalanan. Sehingga kami membuat peraturan yang akan menegur keras anggota jika masih melakukan aksi kriminalitas di jalan,” tegasnya.

Dion juga menyatakan bahwa, saat ini Moonraker fokus untuk menjadi klub motor lebih baik. Moonraker pun menyadari, dulu banyak tindakan mereka yang meresahkan masyarakat. “Kami adalah aset bangsa. Oleh sebab itu, kami membutuhkan bimbingan dari pemerintah. Kalau sampai hari ini ada pelaku kriminal yang mengatasnamakan Moonraker, itu hanyalah oknum. Jadi, mohon jangan digeneralisir,” tambah Dion.

Dion berjanji jika ada anggota Moonraker yang terbukti melakukan pelanggaran hukum, maka pihaknya siap memberikan hukuman pada anggota yang terbukti bersalah. Bahkan bila pihak aparat keamanan meminta, klub motor ini siap menyerahkan anggotanya untuk ditindak. “Masalah perselisihan antar klub motor di Bandung dapat diselesaikan, meski sulit. Syaratnya adalah ego dari setiap klub diredam, dan ada dukungan dari banyak pihak untuk sama-sama menghapus label buruk klub motor di mata masyarakat. Saat ini kami juga banyak melakukan hal-hal positif, tapi selalu tertutupi terus dengan pandangan negatif,” tutupnya saat ditemui di Bandung.

Subscribe Via Email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Artikel Terkait Lainnya

0 Komentar "Ini Sejarah Kenapa Anggota Moonraker Dijuluki Speed Maniac"

Silahkan berikan komentar/pertanyaan anda. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan.Terimakasih.