Rabu, 25 Desember 2019

Beberapa Makanan yang Perlu Dihindari Agar Luka Cepat Kering

Kunyit, Jahe dan Gula Adalah Beberapa Makanan yang Perlu Dihindari Agar Luka Cepat Kering.

Saat memiliki luka, berbagai hambatan akan Anda rasakan mulai dari aktivitas yang tidak dapat dilakukan secara lebih bebas sampai memilih pakaian yang tepat agar tidak membuat luka jadi semakin parah. Agar bisa bergerak lebih bebas, maka kita perlu segera menyembuhkan luka tersebut dan membuatnya jadi lebih cepat kering. Namun, tahukah Anda kalau selain menggunakan Obat untuk mempercepat penyembuhan luka, ada juga beberapa makanan yang perlu dihindari? Inilah beberapa diantaranya.

  • Makanan Rempah

Ada berbagai makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Namun, ada pula beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari jika ingin proses penyembuhan luka berjalan normal. Salah satunya yakni makanan yang kaya akan kandungan rempah didalamnya.

Saat kita mengonsumsi makanan yang kaya akan rempah-rempah seperti jahe atau kunyit, maka proses pengeringan luka akan berjalan lebih lambat. Sebab, keduanya punya sifat yang mengurangi risiko penggumpalan darah. Penggumpalan darah yang berjalan lambat akan memicu semakin lamanya luka mengering pada kulit. Hal inilah yang membuat makanan kaya akan rempah perlu dihindari agar luka yang masih basah bisa mengerang secara normal tanpa mengalami hambatan yang berarti dari makanan yang Anda konsumsi.

  • Gula

Manusia membutuhkan gula dalam konsumsi makanan sehari-hari. Sebab, gula dapat berubah menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh agar dapat beraktivitas lebih keras. Tapi, tak hanya bermanfaat, gula juga bisa memberi dampak buruk terutama jika Anda tengah berada dalam proses penyembuhan luka.

Ketika Anda mengonsumsi gula dalam jumlah yang terlalu banyak, maka secara tidak langsung hal tersebut juga akan berdampak pada produksi kolagen yang dijalankan oleh tubuh. Kolagen merupakan zat yang sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Namun, konsumsi gula berlebih dapat menghambat proses pembentukan kolagen secara alami pada tubuh hingga memperlambat proses pengeringan luka. Tak hanya itu, konsumsi gula berlebih juga bisa meningkatkan potensi diabetes dan perlu Anda waspadai.

Selain dua hal diatas, Anda juga bisa menggunakan obat untuk menyembuhkan luka bekas operasi secara efektif. Semoga bermanfaat.

Ikuti Lewat Email

Hai bro, dapatkan artikel terbaru dengan berlangganan melalui email

BACA JUGA

0 Komentar "Beberapa Makanan yang Perlu Dihindari Agar Luka Cepat Kering"

Silahkan berikan komentar/pertanyaan anda. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan.Terimakasih.